Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tentang Memahami Sistem Pemerintahan Desa SD/MI kelas 4 semester 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             : SD Al-maata
Mata Pelajaran            : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                           : IV (Empat)
Semester                      : I (Satu)

A.    Standar Kompetensi
1.      Memahami sistem pemerintahan desa

B.     Kompetensi Dasar
1.      Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa

C.    Indikator
1.      Menjelaskan lingkungan desa.
2.      Menyebutkan perangkat desa.
D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menjelaskan lingkungan desa.
2.      Siswa dapat menyebutkan perangkat desa.
E.     Materi Ajar
1.      Pemerintahan Desa.

F.     Metode Pembelajaran/Media
1.      Diskusi dengan teman sebangku.
2.      Penugasan.

G.    Langkah-langkah Kegiatan
1.      Kegiatan Awal
·         Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan dipimpin oleh salah satu siswa sebelum mengawali pelajaran.
·         Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan apa saja yang dilakukan pada pagi hari sejak bangun tidur sampai anak berangkat ke sekolah.
·         Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang di lingkungan mana siswa hidup.
·         Mengajak siswa untuk menyebutkan lingkungan pemerintahan dari tingkatan yang paling kecil (desa, kelurahan, kecamatan, dan seterusnya) yang dibimbing oleh guru. Tanya jawab ini dikaitkan dengan sistem pemerintahan desa yang akan dibahas.
2.      Kegiatan Inti
·         Semua siswa diminta untuk menyebutkan tingkatan pemerintahan yang ada di Indonesia (desa, kelurahan, kecamatan, kabupaten, kota, dan provinsi).
·         Bertanya jawab tentang pemerintahan dari tingkatan pemerintahan yang paling kecil, misalnya: pemerintahan terendah ada pada desa atau kelurahan; lalu, beberapa desa atau kelurahan digabungkan ke dalam suatu kecamatan; lalu, beberapa kecamatan digabungkan ke dalam kota atau kabupaten; dan seterusnya.
·         Menyimak pemahaman pengertian desa
·         Mengajak siswa untuk berdiskusi melalui “Pertanyaan Pemahaman”.
·         Mengajak siswa untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam buku kerja/buku paket PKn.

3.      Kegiatan Penutup
1.      Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
2.      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi dasar.
3.      Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

H.    Sumber/Bahan Belajar
1.      Buku paket
2.      Teman

I.       Penilaian
1.      Teknik: tugas individu.
2.      Bentuk instrumen  : penilaian lisan, penilaian sikap (pengamatan perilaku), penilaian unjuk kerja (keberanian menyampaikan pendapat).


Mengetahui,
Kepala Sekolah




NIP.



Guru Mata Pelajaran PKn



Juliyanto
NIM. 151200148

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH

MAKALAH TENTANG AKIDAH POKOK DAN CABANG DALAM ISLAM (ILMU KHALAM)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) IPA Kelas IV Smt Satu Tentang Memahami Hubungan Sesama Mahluk Hidup Dengan Lingkunganya