Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tentang Memahami Sistem Pemerintahan Desa SD/MI kelas 4 semester 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD Al-maata
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : IV (Empat)
Semester : I (Satu)
A.
Standar Kompetensi
1.
Memahami sistem pemerintahan desa
B.
Kompetensi Dasar
1.
Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan
pemerintahan desa
C.
Indikator
1.
Menjelaskan lingkungan desa.
2.
Menyebutkan perangkat desa.
D.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat menjelaskan lingkungan desa.
2.
Siswa dapat menyebutkan perangkat desa.
E.
Materi Ajar
1.
Pemerintahan Desa.
F.
Metode
Pembelajaran/Media
1.
Diskusi dengan teman sebangku.
2.
Penugasan.
G.
Langkah-langkah
Kegiatan
1.
Kegiatan Awal
·
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan dipimpin
oleh salah satu siswa sebelum mengawali pelajaran.
·
Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan
apa saja yang dilakukan pada pagi hari sejak bangun tidur sampai anak berangkat
ke sekolah.
·
Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang di lingkungan mana siswa hidup.
·
Mengajak siswa untuk menyebutkan lingkungan
pemerintahan dari tingkatan yang paling kecil (desa, kelurahan, kecamatan, dan
seterusnya) yang dibimbing oleh guru. Tanya jawab ini dikaitkan dengan sistem
pemerintahan desa yang akan dibahas.
2.
Kegiatan Inti
·
Semua siswa diminta untuk menyebutkan tingkatan
pemerintahan yang ada di Indonesia (desa, kelurahan, kecamatan, kabupaten,
kota, dan provinsi).
·
Bertanya jawab tentang pemerintahan dari
tingkatan pemerintahan yang paling kecil, misalnya: pemerintahan terendah ada
pada desa atau kelurahan; lalu, beberapa desa atau kelurahan digabungkan ke
dalam suatu kecamatan; lalu, beberapa kecamatan digabungkan ke dalam kota atau
kabupaten; dan seterusnya.
·
Menyimak pemahaman pengertian desa
·
Mengajak siswa untuk berdiskusi melalui “Pertanyaan Pemahaman”.
·
Mengajak siswa untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam buku kerja/buku paket
PKn.
3.
Kegiatan Penutup
1. Bersama-sama dengan
seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
2. Bertanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian
indikator dan kompetensi dasar.
3.
Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama
dan kepercayaan masing-masing.
H.
Sumber/Bahan
Belajar
1.
Buku paket
2.
Teman
I.
Penilaian
1.
Teknik: tugas individu.
2. Bentuk instrumen : penilaian lisan, penilaian sikap (pengamatan
perilaku), penilaian unjuk kerja (keberanian menyampaikan pendapat).
Mengetahui,
Kepala Sekolah
NIP.
|
Guru Mata Pelajaran PKn
Juliyanto
NIM. 151200148
|
Comments
Post a Comment