RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Qur'an Hadist MI Tentang Surah AL-LAHAB Kelas IV Smt 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Madrasah                    : MIN 1 Barru
Mata Pelajaran            : Al-Qur’an Hadis
Kelas/Semester            : IV / 2
Materi Pokok              : Surah al-Lahab
Alokasi Waktu            : 1X25 menit


A. Kompetensi Inti
KI-1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI-2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
          diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan   
         rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dankegiatannya, dan benda-
         benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam 
          karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam 
          tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
3.1.5 Menjelaskan isi kandungan Q.S. . al-Lahab (111)
4.1 Menulis lafal Q.S. al-Lahab (111) dengan benar
4.1.1 Membaca Q.S. al-Lahab (111)
4.1.3 Menghafal terjemah Q.S. al-Lahab (111)

C. Tujuan Pembelajaran
     Melalui pendekatn saintifik dengan metode discovery learning peserta didik mampu:
1.      3.1.5 Menjelaskan isi kandungan Q.S. . al-Lahab (111)

2.      Menulis lafal Q.S. al-Lahab (111) dengan benar

3.      Membaca Q.S. al-Lahab sesuai dengan makhraj

4.      Menghafal terjemah Q.S. al-Lahab dengan baik dan benar

D. Materi Pembelajaran
1.      Lafal Q.S. al-Lahab
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

تَبَّتْ يَدَا اَبِيْ لَهَبٍ وَّتَبَّ ۗ١

مَا اَغْنٰى عَنْهُ مَا لُهٗ وَمَا كَسَبَ ۗ٢

سَيَصْلٰى نَارًاذَاتَ لَهَبٍ ۙ٣

وَّامْرَاَتُهٗۗ حَمَّا لَةَ الْحَطَبِ ۚ٤

فِيْ جِيْدِهَا حَبْلٌ مِّنْ مَّسَدٍ ؑ٥

Arti mufradat Q.S. al-Lahab
Lafal
Arti
Arti
Lafal
اذَاتَ لَهَبٍ
Yang bergejolak
Binasalah
تَبَّتْ
وَّامْرَاَتُهٗۗ
Dan strinya
Kedua tangan
يَدَا
حَمَّا لَةَ
Pembawa
Dan benar-2 dia binasa
اَبِيْ لَهَبٍ وَّتَبَّ
الْحَطَبِ
Kayu baker
Tidaklah berguna
مَا اَغْنٰى
فِيْ
Di
Darinya
عَنْهُ
جِيْدِهَا
Lehernya
Hartanya
مَا لُهٗ
حَبْلٌ
Tali
Dan apa yang
وَمَا
مِّنْ
Dari
Dia usahakan
كَسَبَ
مَّسَدٍ
Sabut
Dia akan dimasukkan kedalam api
نَار سَيَصْلٰى

2.      Terjemah Q.S. al-Lahab
         Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.
1.      Binasalah kedua tangan Abu lahab dan benar-benar binasa,
2.      Tidaklah berguna baginya hartanya dan apa yang ia usahakan,
3.      Kelak dia akan dimasukkan ke galam api yang bergejolak (neraka)
4.      Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu baker (menyebar fitnah)
5.      Di lehernya ada tali dari sabut yang dipintal

3.      Isi kandungan Q.S. al-Lahab
         1. Surah al-Lahab adalah surah yang ke 111, terdiri dari 5 ayat dan termasuk surah makiyah, nama al-Lahab diambil dari ayat ke-3 yang berarti gejolak api. Surah al-Lahab turun sesudah surah an-Nasr.
         2.  Abu Lahab memusuhinya nabi Muhammad saw. karena nabi Muhammad saw. menerima perintah untuk mendakwahkan agama Islam
         3.  Meskipun dimusuhi dan dihalang-halangi dengan berbagai cara, namun nabi Muhammad tetap melanjutkan dakwah Islam.
         4.  Surah al-Lahab memberikan ancaman kepada Abu Lahab dan istrinya karena menentang dakwah Nabi Muhammad saw., meskipun harta benda Abu Lahab sangat banyak, tetapi semua itu tidak akan dapat menyelamatkanya dari siksa Allah Swt.


E. Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan; scientific dan (Koopratif Learning) belajar dgn bekerja sama
2.      Model ; peer tutoring (mengajar teman sebaya) menghafalkan terjemahan Q.S. al-Lahab
3.      Metode ; ceramah, Demonstrasi, Penugasan.

F. Media dan Sumber Pembelajaran
     1. Media Pembelajaran
         - Poster tulisan Q.S. al-Lahab
         - Kartu kata lafal dan arti Q.S. al-Lahab
     2. Sumber Belajar
         1. Buku Siswa Qur’an Hadis MI Kelas 4, h. 76
         2. Buku Guru Qur’an Hadis MI Kelas 4, h. 69
         3. Al-Qur’an dan Terjemahnya
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No
Kegiatan
Alokasi Wkt
1
Pendahuluan
a.       Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dengan penuh khidmat;
b.      Menyapa dan memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
c.       Meminta peserta didik untuk mengingat kembali pelajaran terdahulu tentang terjeman ayat  Q.S. al-Lahab.
d.      Meminta peserta didik menjawab beberapa pertanyaan pendidik sehubungan materi diatas.
e.       Menguraikan secara singkat hubungan antara hasil jawaban peserta didik dengan materi yang akan dipelajari
f.       Menyampaikan pertanyaan secara komunikatif tentang materi yang akan dipelajari
g.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai peserta didik
h.      Mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa gambar, tulisan di papan tulis/white board atau tulisan ayat, dan potongan kartu/kertas karton .

10 menit
2
Kegiatan Inti

  Mengamati
a.       Mengamati gambar terkait dengan isi kandungan Q.S. al-Lahab
b.      Meyimak penjelasan terkait isi kandungan Q.S. al-Lahab melalui buku cetak.

  Menanya (memberi motivasi agar peserta didik bertanya)
a.       Menanyakan gambar terkait dengan isi kandungan Q.S. al-Lahab
b.      Menanyakan isi kandungan Q.S. al-Lahab

  Mengeksperimen/eksplorasi
a.       Pendidik membagikan materi tentang isi kandungan kepada setiap kelompok, kemudian setiap kelompok diminta membaca materi tersebut
b.      Setiap kelompok mendapatkan kertas soal/masalah, kemudian menjawab soal yang telah dibagikan.

  Mengasosiasi
a.       Setiap perwakilan kelompok membacakan hasil diskusinya di depan kelas.
b.      Kelompok lain berkesempatan menanggapinya.

  Mengkomunikasikan:
a.       Peserta didik menuliskan / meresume hasil bacaan yang telah disampaikan dengan menghafal di depan teman sekelasnya

b.      Pendidik dan peserta didik menyimpulakan meteri pelajaran yang telah dilaksanakan.

15 menit
3
Penutup
a.       Melaksanakan penilaian dengan mengamati proses diskusi (keaktipan peserta didik), memeriksa catatan hasil resume  Q.S. al-Lahab.
b.       Guru mengajak peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang baru dilaksakan dengan memberikan tanggapan terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya dan merenungkan apa yang seharusnya dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan terkait dengan makna pembelajaran
c.       Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik secara individu untuk, mengerjakan latihan pada buku cetak.
d.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya, yaitu cara baca Q.S. al-Lahab
e.       Mengakhiri pembelajaran dengan membaca hamdalah dan mengucap salam.

10 menit

I. Penilaian
    1. Tes : Tulis dan Lisan
            1). Tes Lisan
a)      Sebutkan lafal mufradat dari arti, tali dari sabut, pasti akan binasa, apa yang ia usahakan, tidak berguna. Betupun sebaliknya.
b)      Sebutkan terjemahkan ayat 3 dari Q.S. al-Lahab
c)      Sebutkan isi kandungan Q.S. al-Lahab
d)     Sebutkan hukum tajwid dari ayat Q.S. al-Lahab
e)      sebutkan/sambung potongan ayat Q.S. al-Lahab

            2). Tes Tulis
a)      Soal ; uraian
                                    1. Mengapa surah al-Lahab tergolong surah Makiyah?
                                    2. Tulislah ayat ke-3 dari Q.S. al-Lahab !
                                    3. Apakah yang dilakukan istri Abu Lahab untuk menghentikan
                                         dakwah Nabi Muhammad saw!
                                    4.  Bagaimana sikap Nabi Muhammad Saw. melihat ancaman Abu
                                          Lahab dan kafir Quraisy ?
                                    5. Mengapa Abu Lahab dan istrinya memusuhi
                                        Nabi Muhammad saw?
b)      Kunci jawaban :
                                    1. Karena diturunkan di Makkah atau sebelum hijrah Nabi
                                         Muhammad
                                    2. سيصلى نارا ذات لهب
                                    3. Menghalang-halangi dakwah Nabi Muhammad saw. dengan
                                         menyebar fitnah 
                                    4. Tetap melanjutkan dakwah Islam dan senantiasa memohon
                                         pertilongan kepada Allah
                                    5. Karena tidak bisa menerima diangkatnya Muhammad sebagai
                                         Rasulullah dan mendakwahkan agama Islam       

    2. Non Tes : Tugas, Observasi, Sikap, Kinerja dan Proyek

                                                                                                 jogjakarta, 8 Mei 2018

Mengetahui
Kepala Madrasah                                                                 Guru Mata Pelajaran



Khanif Maksum, M.Pd.I                                                      Juliyanto
NIP.                                                                                        NIM.151200148

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH

MAKALAH TENTANG AKIDAH POKOK DAN CABANG DALAM ISLAM (ILMU KHALAM)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) IPA Kelas IV Smt Satu Tentang Memahami Hubungan Sesama Mahluk Hidup Dengan Lingkunganya