RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK (RPP) KELAS II SEMESTER 2 TEMA LINGKUNGAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMATIK
(RPP)
Nama
Sekolah : MIN AL-MAATA
Kelas
/ Semester : II/2
Tema :
Lingkungan
Waktu :
4 minggu
A.
Standar
Kompetensi
Bahasa Indonesia
1. Berbicara
2. Mengungkapkan
secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita.
3. Menulis
4. Menulis
permulan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak.
Matematika
1. Bilangan :
melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka.
2. Geometri
: mengenal unsure bangun datar sederhana.
IPA
1. Mengenal
berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan
kegunaannya.
2. Memahami
peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari
IPS
1.
Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan
lingkungan tetangga.
SBK
1.
Mengenal, mengingat dan
mengekpresikan unsure rupa dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke dalam
karya seni rupa.
2.
Mengenal, menanggapi dan
mengekpresikan unsure musik dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke dalam
karya musik.
3.
Memahami nilai berkarya dan menyajikan proses pembuatan
model benda yang terapung.
B. Kompetensi
Dasar
B. Indonesia
1. Mendeskripsikan
tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan
kalimat yang mudah di pahami orang lain.
2. Menceritakan
kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri
3. Mendeskripsikan
tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis.
4. Menyalin
puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi.
Matematika
1. Melakukan
perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka.
2. Melakukan
pembagian dua angka / bilangan dua angka.
3. Melakukan
operasi bilangan campuran.
4. Mengelompokkan
bangun datar.
5. Mengenal
sudut bangun datar.
IPA
1. Mengidentifikasi
sumber-sumber energi panas, listrik, cahaya dan bunyi yang ada di lingkungan
sekitar.
2. Mengidentifikasi
jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara
menghematnya.
3. Mengidentifikasi
kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari.
4. Mendeskripsikan
kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
IPS
1. Menceritakan
pengalaman dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga.
2. Memberi
contoh bentuk kerjasama di lingkungan
tetangga.
SBK
1. Mengekpresikan
diri dengan berekplorasi gagasan imajinatif dalam berkarya seni rupa.
2. Mengekpresikan
diri dengan penampilan musik.
3. Berkreasi
dengan cat warna.
C. Tujuan Pembelajaran
B. Indonesia
1. Siswa dapat
menirukan gerak dan suara binatang.
2. Siswa dapat
menjelaskan cirri binatang secara rinci sehingga dapat mendeskripsikannya
dengan teman.
3. Siswa dapat
menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita.
4. Siswa dapat
menuliskan yang didiktekan guru.
5. Siswa
dapat melengkapi cerita tentang data keluarga.
6. Siswa dapat
menulis dengan baik dan benar serta penggunaan hurup kapital dan tanda baca
dengan tepat.
7. Siswa dapat
membuat karangan sederhana dengan bantuan gambar yang tersedia.
Matematika
1. Siswa dapat
mengingat pakta perkalian dengan berbagai cara mulai dari penjumlahan
2. berulang.Siswa
dapat mengingat pakta pembagian dengan berbagai cara.
3. Siswa dapat
menghitung secara cepat perkalian dan pembagian
4. Siswa dapat
mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya.
5. Siswa
dapat menentukan, menggambar bangun datar dengan titik sudut, garis,
sisi.
IPA
1. Siswa
dapat mencari sumber bunyi alat yang menghasilkan bunyi, sumber
energi yang menghasilkan panas, sumber energi yang menghasilkan cahaya.
2. Siswa dapat
memberi alasan yang tepat tentang penggunaan jenis energi
3. Siswa
dapat menjelaskan kedudukan matahari pada pagi, siang dan sore hari.
4. Siswa
dapat menjelaskan perbedaan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari serta
menjelaskan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang.
IPS
1. Siswa dapat
mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.
2. Siswa
dapat memperagakan peran tentang diri sendiri serta keluarga.
3. Siswa dapat
menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.Siswa dapat
4. memberikan
contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan serta dapat menceritakannya dalam
pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah.
SBK
1. Siswa dapat
membuat karya gambar cetak ekpresi.
2. Siswa
dapat memainkan alat musik ritmis.
3. Siswa dapat
menjelaskan cara pembuatan cat warna dari bahan alam serta
mendemontrasikannya.
D. Karakter siswa yang diharapkan
Disiplin
( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
Materi ajar (materi pokok)
1.
Mendeskripsikan cirri tumbuhan dan hewan.
2.
Cara penulisan huruf kapital yang sesuai/benar.
3.
Mendeklamasikan puisi.
4.
Perkalian dan pembagian.
5.
Bangun datar dan unsure bangun
datar.
6.
Sumber panas dan energi serta kegunaannya.
7.
Menceritakan pengalaman.
8.
Lingkungan alam dan buatan.
9.
Membuat gambar cetak tinggi, seni musik, pembuatan cat
warna dari bahan alam dan buatan.
Metoda pembelajaran
1.
Demontrasi, latihan, ceramah, pemberian tugas, tanya
jawab.
A. Kegiatan awal
Apresepsi/
Motivasi :
merapikan siswa, berbaris dan berdo,a, mengatur tempat
duduk, mengabsen.
tes awal pelajaran.
B. Kegiatan inti
Minggu ke I
Pertemuan
pertama (B. Indonesia, Matematika, IPS). 3
x 35’.
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Dengan
penjelasan guru diharapkan siswa dapat menjelaskan cirri tumbuhan dan binatang
secara lisan dan dituangkan dalam tulisan.
2. Mengingat fakta perkalian dengan penjumlahan berulang.
3. Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dengan bercerita.
Pertemuan kedua (B. Indonesia, Matematika). 4
x 35’
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Dengan
penjelasan tentang suara dan gerakan binatang siswa dapat menirukannya dengan
riang dan gembira.
2. Menjelaskan perkalian dengan penjumlahan berulang.
Pertemuan ketiga (B. Indonesia, Matematika, IPA). 3 x 35’
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Mengungkapkan cirri tumbuhan dan hewan serta tempat hidupnya
melalui bacaan atau cerita yang tersedia.
2. Mengerjakan hitung perkalian dengan penjumlahan berulang.
3. Melalui
penjelasan guru diharapkan siswa mengerti dan paham serta dapat menyebutkan
sumber bunyi, energi yang sering digunakan, sumber energi di lingkungan sekitar.
Pertemuan keempat (SBK, B. Indonesia,
Matematika). 4 x 35’
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Menjelaskan
unsure cetak gambar / cetak tinggi.
2. Membaca
dengan intonasi yang benar dengan kecepatan, tentang cerita binatang.
3. Menjawab
pertanyaan sesuai isi cerita.
4. Mendemontrasikan hitung
perkalian 1 dan 2
.
Pertemuan kelima (Matematika, B. Indonesia). 3
x 35’
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Menirukan
suara binatang dan gerakannya kemudian dituangkan ke dalam tulisan tegak
bersambung dan tidak lupa penggunaan huruf kapital.
2. Mendemontrasikan hitung
perkalian 1 – 3.
Pertemuan keenam (Matematika, B. Indonesia). 2
x 35’
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Mengerjakan
perkalian dengan penjumlahan berulang dari perkalian satu sampai tiga.
2. Menyusun kalimat
sederhana.
Minggu
ke 2
Pertemuan pertama (Matematika, B.
Indonesia). 3 x 35’
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Mengerjakan
hitung perkalian dengan penjumlahan berulang dari perkalian satu sampai lima.
2. Membaca sebuah cerita dengan pelafalan dan intonasi yang
benar secara seksama.
Pertemuan kedua (IPS, Matematika, B.
Indonesia). 3 x 35’
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Memperagakan
peran tentang diri sendiri sebagai makhluk social yang memerlukan lingkungan
sekitarnya.
2. Melalui
penjelasan guru diharapkan siswa mampu mengungkapkan dan hafal hitung
perkalian.
3. Menjawab pertanyaan yang sesuai dengan isi cerita yang
dibacanya.
Pertemuan ketiga (IPA, B. Indonesia,
Matematika). 3 x 35’
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Melalui
penjelasan guru tentang kegunaan energi, baik itu energi bunyi, panas dan
energi listrik diharapkan siswa dapat mengungkapkan alasan yang tepat tentang
penggunaan energi tersebut.
2. Menuliskan
yang didiktekan guru dengan tulisan tegak bersambung yang baik dan benar.
3. Melalui
penjelasan tentang pembagian diharapkan akan lebih memahami tekhnik pembagian dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Pertemuan keempat (B. Indonesia, Matematika). 3
x 35’
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Membaca
dan menjawab pertanyaan dari isi cerita kemudain dituangkan kedalam tulisan
dengan bentuk karangan pendek.
2. Mengerjakan hitung pembagian dengan pengurangan berulang sampai
nol.
Pertemuan Kelima (Matematika B. Indonesia) 2 x 35’
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Mengerjakan
hitung pembagian satu sampai 5
2. Menyusun kalimat
sederhana.
Pertemuan keenam (B. Indonesia, SBK) 4x 35’
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Membaca
kalimat bersuara nyaring dengan intonasi yang benar kemudain di tulis dengan
menggunakan huruf sambung dan penerapan penggunaan huruf besar dan tanda baca.
2. Membuat
karya gambar cetak ekspresi dengan berbagai motif imajinatif dari bahan alam.
Minggu ke 3
Pertemuan pertama (Matematika, B. Indonesia) 3 x 35’
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Mengerjakan
hitung pembagian dan penerapannya dalam kegiatan sehari-hari.
2. Melalui
penjelasan guru diharapkan siswa dapat membaca cerita dengan bantuan gambar.
Pertemuan kedua (Matematika, B. Indonesia, IPS). 3 x 35’
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Pengerjaan
hitung campuran perkalian dan pembagian.
2. Melengkapi
cerita tentang data keluarga ditulis menggunakan huruf kapital dan tanda baca
yang benar.
3. Dari
penjelasan guru,
diharapkan siswa dapat menyebutkan perbedaan lingkungan alam dan buatan di
sekitar lingkungan rumah.
Pertemuan ketiga (IPA, B. Indonesia,
Matematika). 3 x 35’
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Guru
menjelaskan energi yang sering digunakan sehari-hari serta memberi alasan
penggunaan jenis energi listrik.
2. Siswa
membaca dengan bersuara tentang membersihkan halaman serta mengajukan dan
menjawab pertanyaan sesuai dengan isi bacaan.
3. Melalui
penjelasan guru tentang pembagian sampai 50
Pertemuan keempat (B. Indonesia,
Matematika). 3 x 35’
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Meringkas
bacaan, melengkapi kalimat yang telah disediakan guru.
2. Pembagian sebagai
kebalikan perkalian
3. Siswa mengerjakan soal
cerita tentang perkalian dan pembagian.
Pertemuan kelima (Matematika, B.
Indonesia). 2 x 35’
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Guru menjelaskan
bangun datar, siswa mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya
2. Siswa
mengurutkan bangun datar menurut ukurannya.
3. Menulis kalimat yang didiktekan guru.
Pertemuan keenam (B. Indonesia, SBK). 4 x
35’
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Guru menugaskan
siswa untuk menyusun sebuah karangan sdengan bentuk puisi.
2. Siswa
mendeklamasikan puisi tersebut di depan kelas.
3. Dengan
penjelasan guru tentang cara pembuatan cat warna dan bahan alami.
4. Siswa
mendemontrasikannya pembuatan cat warna.
Minggu
ke 4
Pertemuan pertama (Matematika). 3
x 35’
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Guru menjelaskan
tentang sudut dan bangun datar
2. Siswa
menyimak penjelasan guru.
3. Siswa
menyebutkan unsur-unsur bangun datar.
4. Siswa
menggambarkan jenis-jenis bangun datar.
Pertemuan kedua (B. Indonesia, Matematika, IPS). 3 x 35’
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Guru menugaskan
siswa untuk membuat karangan pendek.
2. Siswa
membuat karangan pendek dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan.
3. Siswa
melanjutkan materi berikutnya yaitu menggambar dan membuat bangun datar dengan
ukuran tertentu.
4. Siswa
menceritakan pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar baik di rumah maupun
di sekolah secara
lisan ataupun tulisan.
Pertemuan ketiga (Matematika). 3 x 35’
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Guru menugaskan
siswa untuk melanjutkan materi berikutnya.
2. Siswa
melaksanankan tugas yang diberikan guru yaitu membuat bidang datar dengan
ukuran yang ditentukan guru dengan menggunakan alat bantu.
3. Siswa
menyebutkan benda
yang termasuk banmgun datar di sekitar kelas.
Pertemuan
keempat (B. Indonesia, IPS). 3 x 35’
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Guru
menugaskan siswa untuk membuat kalimat berdasarkan gambar.
2. Siswa
membuat kalimat berdasarkan gambar.
3. Siswa
menyalin kalimat dari huruf cetak ke huruf tegak bersambung.
4. Guru
menugaskan siswa untuk mencari gambar yang berhubungan dengan lingkungan alam
dan buatan dari berbagai media cetak untuk dibuat kliping.
5. Pertemuan
kelima (IPA). 2 x 35’
6. Guru
mengulas materi yang telah disampaikan dan menyampaikan materi berikutnya.
7. Siswa
dibawa guru ke luar kelas untuk merasakan lanmgsung pengaruh panas dan cahaya
matahari terhadap makhluk hidup.
8. Siswa
membuat laporan apa yang di rasakannya.
Pertemuan
keenam (SBK). 2 x 35’
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Guru menjelaskan
cara penggunaan cat warna yang terbuat dari bahan alam atau buatan.
2. Siswa
mencoba membuat cetakan sederhana dengan menggunakan cat warna yang telah
dibuat dari bahan alam atau buatan.
3. Siswa
dapat membandingkan kualitas cat warna yang dibuat dari bahan alam dan bahan
buatan.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
1. membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
2. memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3. memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
4. memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
5. memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
6. memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
1. Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2. Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan akhir
Dalam
kegiatan akhir,
guru:
1. Mengadakan
tanyajawab sekitar materi yang telah disampaikan.
2. Memberikan
penilaian hasil kerja siswa baik secara tertulis, lisan maupun perbuatan yang
telah dilakukan siswa.
3. Memberikan
tugas atau PR
Alat dan sumber :
1.
Buku paket
2.
Alat peraga
3.
Media cetak
4.
Media elektronik
5.
Lingkungan sekitar
6.
Kreatifitas guru
Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
B. Indonesia
Menirukan
gerak dan suara binatang tertentu.
Menjelaskan
cirri-ciri tumbuhan dan binatang secara rinci baik itu nama-nama cirri
khasnya, suaranya, tempat hidupnya, dengan pilihan kata runtut.
Mendeskripsikan
cirri-ciri benda, tumbuhan oleh seorang teman dan teman lainnya menebaknya.
Menjawab
pertanyaan tentang isi cerita.
Menceritakan
kembali cerita yang didengar menggunakan kata-kata sendiri.
Menuliskan
kalimat yang didiktekan guru dengan kata yang berhubungan dengan tumbuhan dan
binatang.
Melengkapi
cerita tentang data keluarga dengan kata yang tepat.
Menulis
nama orang tua, pekerjaan dan nama anggota keluarga dengan menggunakan huruf
kapital dan tanda baca.
Menyalin
kalimat cetak menjadi tegak bersambung sebanyak 5 kalimat.
Menulis
karangan dengan melanjutkan
sebuah cerita yang sudah disediakan.
Menulis
karangan sederhana tentang kesukaan / ketidak sukaan dengan tulisan yang rapi
dan kecepatan tertentu.
Matematika
Mengingat
pakta perkalian sampai 50 dengan berbagai cara.
Mengingat
pakta pembagian sampai 50 dengan berbagai cara.
Menghitung
secara cepat perkalian dan pembagian bilangan sampai 50.mengelompokkan
bilangan datar, menurut bentuknya.
Menggunakan
bangun datar menurut ukurannya.
Menentukan
unsure bangun datar yaitu titik sudut, garis, sisi.
Menentukan
unsure-unsur bangun datar yaitu sudut.
Menggambar
dan membuat bangun persegi, segitiga, segi empat, persegi panjang dengan menunjukkan sudut.
IPA
Mencari
sumber panas, bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga.
Mencari
contoh alat rumah tangga yang menggunakan energi.
Memberi
contoh jenis energi yang sering digunakan sehari-hari.
Memberi
alasan penggunaan jenis energi listrik.
Menceritakan
kedudukan matahari pagi, siang dan sore hari.
Membedakan
panas matahari pada pagi, siang dan sore hari.
Menceritakan
adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang yang
terbentuk.
Menjelaskan
kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
IPS
Mengungkapkan
pengalaman diri sendiri dan keluarga.
Memperagakan
peran tentang diri sendiri.
Menceritakan
keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
Memberikan
contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan alam di sekitar kita.
Menceritakan
pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah.
SBK
Membuat
karya gambar cetak ekpresi dengan
berbagai motif imajinatif.
Memnuat
karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai cetakan dari bahan alam.
Memainkan
alat musik ritmis dengan cara yang benar.
Mengatur
komposisi ukuran bahan
dan alat pembuatan cat warna dan bahan alam.
Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan alam dan buatan.
|
tertulis,
lisan, perbuatan
|
isian,essay,
skala sikap, portofolio
|
B. Indonesia
Bagaimana
cara Menirukan gerak dan suara binatang tertentu.
Jelaskan
cirri-ciri tumbuhan dan binatang secara rinci baik itu nama-nama cirri
khasnya, suaranya, tempat hidupnya, dengan pilihan kata runtut.
Jelaskanlah
cirri-ciri benda, tumbuhan oleh seorang teman dan teman lainnya menebaknya.
Jelaskanlah
pertanyaan tentang isi cerita.
Ceritakan
kembali cerita yang didengar menggunakan kata-kata sendiri.
Tuliskan
kalimat yang didiktekan guru dengan kata yang berhubungan dengan tumbuhan dan
binatang.
Jelaskanlah
cerita tentang data keluarga dengan kata yang tepat.
Tuliskanlah
nama orang tua, pekerjaan dan nama anggota keluarga dengan menggunakan huruf
kapital dan tanda baca.
Salinkanlah
kalimat cetak menjadi tegak bersambung sebanyak 5 kalimat.
Tuliskanlah
karangan dengan melanjutkan
sebuah cerita yang sudah disediakan.
Tuliskanlah
karangan sederhana tentang kesukaan / ketidak sukaan dengan tulisan yang rapi
dan kecepatan tertentu.
Matematika
Jelaskanlah
pakta perkalian sampai 50 dengan berbagai cara.
Jelaskanlah
pakta pembagian sampai 50 dengan berbagai cara.
Hitungkanlah
secara cepat perkalian dan pembagian bilangan sampai 50.mengelompokkan
bilangan datar, menurut bentuknya.
Hitungkanlah
bangun datar menurut ukurannya.
Tentukanlah
unsure bangun datar yaitu titik sudut, garis, sisi.
Tentukan
unsure-unsur bangun datar yaitu sudut.
Bagaimana
cara Menggambar dan membuat bangun persegi, segitiga, segi empat, persegi panjang dengan menunjukkan sudut.
IPA
Sebutkanlah
sumber panas, bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga.
Sebutkanlah
contoh alat rumah tangga yang menggunakan energi.
Sebutkanlah
contoh jenis energi yang sering digunakan sehari-hari.
Jelaskanlah
alasan penggunaan jenis energi listrik.
Ceritakan
kedudukan matahari pagi, siang dan sore hari.
Bedakan
panas matahari pada pagi, siang dan sore hari.
Ceritakan
adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan bayang-bayang yang
terbentuk.
Jelaskan
kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
IPS
Ceritakan
pengalaman diri sendiri dan keluarga.
Peragakan
peran tentang diri sendiri.
Ceritakan
keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
Sebutkanlah
contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan alam di sekitar kita.
Ceritakan
pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah.
SBK
Jelaskanlah
karya gambar cetak ekpresi dengan
berbagai motif imajinatif.
Jelaskanlah karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai
cetakan dari bahan alam.
Jelaskanlah cara memainkan alat musik ritmis dengan cara yang
benar.
Jelaskanlah
cara mengatur komposisi ukuran bahan
dan alat pembuatan cat warna dan bahan alam.
Jelaskanlah cara pembuatan cat warna dari bahan alam dan buatan.
|
Kriteria
Penilaian
1.
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2.
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
* aktif
berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3.
Lembar Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
|
CATATAN
:
Nilai
= ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Mengetahui, Jogjakarta,
11 januari 2018
Kepala
Sekolah Guru
Mapel
Indah
Perdana Sari, S.Pd., M.Pd Juliyanto
NIP. NIM.
151200148
Comments
Post a Comment