RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) AQIDAH AKHLAQ KELAS I SEMESTER 1 TENTANG AKHLAQ TERPUJI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
Sekolah : MIN Alma Ata
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlaq
Kelas/Semester : I / ganjil
Alokasi
Waktu : 1 x 35 menit
A. KOMPETENSI INTI
KI.1 : Menerima menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
KI. 2 : Memiliki prilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru.
KI. 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [ mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah dan di sekolah.
KI. 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
1.4 Menyadari
keuatamaan hidup bersih, kasih sayang, dan rukun.
2.4 Membiasakan
hidup bersih, kasih sayang, dan rukun dalam kehidupan sehari-hari.
3.4 Memahami
perilaku akhlak terpuji hidup bersih, kasih sayang, dan rukun dalam kehidupan
sehari-hari.
4.4 Mengklasifikasikan
manfaat perilaku hidup bersih, kasih sayang, dan rukun dalam kehidupan
sehari-hari.
C. INDIKATOR
1.4.1 Membiasakan
hidup bersih, kasih sayang, dan rukun sebagai nilai ibadah.
1.4.2 Membiasakan
diri selalu iklas dalam menjalankan hidup bersih, kasih sayang, dan rukun
2.4.1 Membiasakan hidup bersih dimanapun berada.
2.4.2 Membiasakan perilaku kasih sayang kepada sispa
saja.
2.4.3 Membiasakan hidup rukun dikehidupan sehari-hari
3.4.1 Memahami pengertian akhlak terpuji
D. MATERI PEMBELAJARAN
1.
Pengertian akhlak terpuji
Akhlak terpuji adalah perilaku yang disukai oleh Allah. Akhlak terpuji
adalah perbuatan yang baik. Bila dilaksanakan dengan ikhlas akan mendapatkan
pahala.
2.
Pengertian hidup bersih
Membiasakan diri agar selalu suci. Karena kebersihan adalah sebagian dari
iman. Hidup bersih dapat membuat diri kita tetap sehat jasmani maupun rohani.
Macam-macam kebersihan
a.
Kebersihan badan
badan harus dijaga dengan cara mandi
dua kali sehari supaya selalu bersih dan segar. Menggosok gigi sebelum tidur
dan setelah makan, rambut yang kotor dibersihkan dan disisir supaya rapi, kuku
yang panjang dipotong supaya tidak menjadi seorang penyubit, telinga juga harus
dibersihkan
b. Kebersihan pakaian
pakaian yang kita kenakan harus
bersih bila kotor harus dicuci bersih dengan menggunakan sabun lalu disetrika
supaya rapi
c. Kebersihan rumah
rumah adalah tempat tinggal kita
supaya nyaman rumah harus dibersihkan kamar tidur dirapikan lantai yang kotor
harus dipel kaca yang kotor juga dibersihkan dengan menggunakan lab kain.
Sampah dibuang ke tempat sampah halaman yang kotor dibersihkan dengan sapu
lidi.
d. Kebersihan sekolah
lingkungan sekolah harus dijaga
kebersihannya dinding tidak boleh dicoret-coret lantai yang kotor disapu
jendeladibersihkan sampah selalu dibuang ke tempat sampah kalau kelas bersih
kita menjadi semangat belajar.
e. Kebersihan tempat ibadah
orang yang akan sholat harus suci
badan, pakaian dan tempatnya. Supaya ibadah sholat kita diterima oleh Alloh
SWT selain tempat, badan dan pakaian
harus suci dari najis. Sajadah, mukena, sarung juga pakaian semua harus suci.
3. Hidup dengan kasih sayang
Semua orang memerlukan kasih sayang kasih sayang yang tulus akan membuat
bahagia orang lain. Sesama teman harus saling menyayangi supaya teman kita juga
menyayangi dengan anggota keluarga juga saling menyayangi saling menolong.
Membantu dan mengasih. Berbicara lemah lembut dengan orang tua. Menghormati
guru termasuk bukti sayang. Anak yang tidak mempunyai kasih sayang akan
mudahmarah. Anak yang suka marah akan dijauhi oleh temannya.
4.
Hidup rukun
Hidup rukun berarti suka bergaul kepada siapa saja tidak pilih-pilih teman
jika temannya salah dimaafkan. Menolong temannya yang membutuhkan pertolongan
berbagi makanan dengan teman. Menghibur teman yang mendapat musibah.
E.
KEGIATAN PEMEBELAJARAN
1.
Kegitan pendahuluan 10 menit
Waktu
|
|
2 menit
3 menit
3 menit
2 menit
|
Salam/doa
Absensi
Menanyakan kabar kondisi siswa
Apersepsi
Guru memberikan pertanyaan tentang ulasan materi yang
kemarin disampaikan untuk mengetes ingatan siswa
v Guru mengkondisikan siswa agar tertarik dalam materi
yang akan disampaikan
· Menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan
tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik
v Guru
menjelaskan tujuan mempelajari materi yang akan disampaikan
v Guru
menjelaskan bagaimana langkah langkah kegiatan yang akan dilakukan hari ini
v Guru
memberikan sekilas materi yang dipelajari biar siswa lebih penasaran
|
Metode/Strategi
|
Sumber Belajar
|
STRATEGI
LANGSUNG
Metode cramah
|
1. Guru
2. Buku absensi
3. Buku catatan
siswa
4. Buku
paket/LKS
5. Buku pegangan
guru
|
F.
KEGIATAN INTI
Waktu
|
Kegiatan pembelajaran
berbasis scientific
|
15 menit
|
1.
Guru
menyajikan berbagai gambar tentang akhlak terpuji hidup bersih, kasih sayang
dan rukun.
2.
Guru
menunjukkan gambar yang memberikan contoh dikehidupan tentang hidup bersih,
kemudian dilanjutkan kasih sayang dan hidup rukun.
3.
Guru
menyampaikan materi yang dipelajari berupa penjelasan singkat dan
mendeskripsikan dari gambar gambar yang disajikan agar siswa mengetahui dan
mampu membedakan perbutan baik dan buruk sesuai gamabar yang ditampilkan.
4.
Guru juga
menyampaikan hikmah dari melakukan akhlak terpuji hidup bersih, kasih sayang
dan hidup rukun.
5.
Guru
mempersilahkan siswa untuk bertanya apabila masih ada hal yang belum jelas
dari penjelasan awal
|
G. KEGIATAN
PENUTUP (5 menit)
Waktu
|
Kegiatan pembelajaran
|
5 menit
|
Refleksi
a. Guru meminta untuk menutup buku dan menunjuk beberapa
siswa menyimpulkan pelajaran yang disampaikan
b. Guru meluruskan materi materi yang belum sesuai
c. Guru menyampaiakan penekanan atau pendalaman materi
kepada siswa tentang pentingnya materi ini dalam kehidupan
d. Guru menyimpulkan materi yang disampaikan
e. Guru menutup Pembelajaran dengan salam.
|
H.
PENILAIAN
Soal esay
1.
Sebutkan macam-macam hidup sehat!
2.
Apa pengertian hidup sehat…?
3.
Apa pengertian akhlak terpuji…?
Mengetahui
Kepala
Madrasah
Khanif Maksum, M.Pd.I
NIP.
|
Jogjakarta , 15 mei 2018
Guru Bidang Studi Fiqih
Juliyanto
NIM.151200148
|
Comments
Post a Comment