RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) AQIDAH AKHLAQ KELAS I SEMESTER 1 TENTANG AKHLAQ TERPUJI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
Sekolah                       : MIN Alma Ata
Mata Pelajaran         : Aqidah Akhlaq
Kelas/Semester          : I  / ganjil
Alokasi Waktu           : 1 x 35 menit

A.    KOMPETENSI INTI
KI.1 : Menerima menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI. 2 : Memiliki prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI. 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [ mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI. 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang  estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     KOMPETENSI DASAR
1.4 Menyadari keuatamaan hidup bersih, kasih sayang, dan rukun.
2.4 Membiasakan hidup bersih, kasih sayang, dan rukun dalam kehidupan sehari-hari.
3.4 Memahami perilaku akhlak terpuji hidup bersih, kasih sayang, dan rukun dalam kehidupan sehari-hari.
4.4 Mengklasifikasikan manfaat perilaku hidup bersih, kasih sayang, dan rukun dalam kehidupan sehari-hari.
C. INDIKATOR
1.4.1 Membiasakan hidup bersih, kasih sayang, dan rukun sebagai nilai ibadah.
1.4.2 Membiasakan diri selalu iklas dalam menjalankan hidup bersih, kasih sayang, dan rukun
2.4.1 Membiasakan hidup bersih dimanapun berada.
2.4.2 Membiasakan perilaku kasih sayang kepada sispa saja.
2.4.3 Membiasakan hidup rukun dikehidupan sehari-hari
3.4.1 Memahami pengertian akhlak terpuji
D. MATERI PEMBELAJARAN
1.      Pengertian akhlak terpuji
Akhlak terpuji adalah perilaku yang disukai oleh Allah. Akhlak terpuji adalah perbuatan yang baik. Bila dilaksanakan dengan ikhlas akan mendapatkan pahala.
2.      Pengertian hidup bersih
Membiasakan diri agar selalu suci. Karena kebersihan adalah sebagian dari iman. Hidup bersih dapat membuat diri kita tetap sehat jasmani maupun rohani.
Macam-macam kebersihan
a.       Kebersihan badan
badan harus dijaga dengan cara mandi dua kali sehari supaya selalu bersih dan segar. Menggosok gigi sebelum tidur dan setelah makan, rambut yang kotor dibersihkan dan disisir supaya rapi, kuku yang panjang dipotong supaya tidak menjadi seorang penyubit, telinga juga harus dibersihkan
b.      Kebersihan pakaian
pakaian yang kita kenakan harus bersih bila kotor harus dicuci bersih dengan menggunakan sabun lalu disetrika supaya rapi
c.       Kebersihan rumah
rumah adalah tempat tinggal kita supaya nyaman rumah harus dibersihkan kamar tidur dirapikan lantai yang kotor harus dipel kaca yang kotor juga dibersihkan dengan menggunakan lab kain. Sampah dibuang ke tempat sampah halaman yang kotor dibersihkan dengan sapu lidi.
d.      Kebersihan sekolah
lingkungan sekolah harus dijaga kebersihannya dinding tidak boleh dicoret-coret lantai yang kotor disapu jendeladibersihkan sampah selalu dibuang ke tempat sampah kalau kelas bersih kita menjadi semangat belajar.
e.       Kebersihan tempat ibadah
orang yang akan sholat harus suci badan, pakaian dan tempatnya. Supaya ibadah sholat kita diterima oleh Alloh SWT  selain tempat, badan dan pakaian harus suci dari najis. Sajadah, mukena, sarung juga pakaian semua harus suci.
3.      Hidup dengan kasih sayang
Semua orang memerlukan kasih sayang kasih sayang yang tulus akan membuat bahagia orang lain. Sesama teman harus saling menyayangi supaya teman kita juga menyayangi dengan anggota keluarga juga saling menyayangi saling menolong. Membantu dan mengasih. Berbicara lemah lembut dengan orang tua. Menghormati guru termasuk bukti sayang. Anak yang tidak mempunyai kasih sayang akan mudahmarah. Anak yang suka marah akan dijauhi oleh temannya.
4.      Hidup rukun
Hidup rukun berarti suka bergaul kepada siapa saja tidak pilih-pilih teman jika temannya salah dimaafkan. Menolong temannya yang membutuhkan pertolongan berbagi makanan dengan teman. Menghibur teman yang mendapat musibah.
E.     KEGIATAN PEMEBELAJARAN
1.      Kegitan pendahuluan 10 menit
Waktu

2 menit
3 menit
3 menit

2 menit
Salam/doa
Absensi
Menanyakan kabar kondisi siswa
Apersepsi
Guru memberikan pertanyaan tentang ulasan materi yang kemarin disampaikan untuk mengetes ingatan siswa
v   Guru mengkondisikan siswa agar tertarik dalam materi yang akan disampaikan
·    Menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik
v  Guru menjelaskan tujuan mempelajari materi yang akan disampaikan
v  Guru menjelaskan bagaimana langkah langkah kegiatan yang akan dilakukan hari ini
v  Guru memberikan sekilas materi yang dipelajari biar siswa lebih penasaran


Metode/Strategi
Sumber Belajar
STRATEGI LANGSUNG


Metode cramah
1.  Guru
2.  Buku absensi
3.  Buku catatan siswa
4.  Buku paket/LKS
5.  Buku pegangan guru

F.     KEGIATAN INTI
Waktu
Kegiatan pembelajaran berbasis scientific






15 menit
1.      Guru menyajikan berbagai gambar tentang akhlak terpuji hidup bersih, kasih sayang dan rukun.
2.      Guru menunjukkan gambar yang memberikan contoh dikehidupan tentang hidup bersih, kemudian dilanjutkan kasih sayang dan hidup rukun.
3.      Guru menyampaikan materi yang dipelajari berupa penjelasan singkat dan mendeskripsikan dari gambar gambar yang disajikan agar siswa mengetahui dan mampu membedakan perbutan baik dan buruk sesuai gamabar yang ditampilkan.
4.      Guru juga menyampaikan hikmah dari melakukan akhlak terpuji hidup bersih, kasih sayang dan hidup rukun.
5.      Guru mempersilahkan siswa untuk bertanya apabila masih ada hal yang belum jelas dari penjelasan awal




G.    KEGIATAN PENUTUP (5 menit)
Waktu
Kegiatan pembelajaran





5 menit
Refleksi
a.       Guru meminta untuk menutup buku dan menunjuk beberapa siswa menyimpulkan pelajaran yang disampaikan
b.      Guru meluruskan materi materi yang belum sesuai
c.       Guru menyampaiakan penekanan atau pendalaman materi kepada siswa tentang pentingnya materi ini dalam kehidupan
d.      Guru menyimpulkan materi yang disampaikan
e.       Guru menutup Pembelajaran dengan salam.

H.    PENILAIAN
Soal esay
1.      Sebutkan macam-macam hidup sehat!
2.      Apa pengertian hidup sehat…?
3.      Apa pengertian akhlak terpuji…?



Mengetahui
Kepala Madrasah




Khanif Maksum, M.Pd.I
NIP.

Jogjakarta , 15 mei 2018
Guru Bidang Studi Fiqih




Juliyanto
NIM.151200148

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH

MAKALAH TENTANG AKIDAH POKOK DAN CABANG DALAM ISLAM (ILMU KHALAM)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) IPA Kelas IV Smt Satu Tentang Memahami Hubungan Sesama Mahluk Hidup Dengan Lingkunganya