RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP) IPA Kelas III Smt 1 Tentang Ciri-ciri dan Kebutuhan Mahluk Hidup
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/Semester :
III (tiga) / 1 (satu)
Alokasi Waktu :
1 X 30 menit
A.
Standar
Kompetensi
1.
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup.
B.
Kompetensi
Dasar
1. Mengidentifikasi
ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
C. Indikator
1. Menyebutkan 6 ciri-ciri dan kebutuhan makhluk
hidup.
2. Menjelaskan 6 ciri-ciri dan kebutuhan makhluk
hidup.
3. Menunjukkan gambar yang termasuk ke dalam
ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui Materi
dari internet, siswa dapat menyebutkan 6 ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
2. Melalui tanya
jawab, siswa dapat menjelaskan 6 ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
3. Melalui
pengamatan gambar, siswa dapat menunjukkan ciri-ciri dan kebutuhan makhluk
hidup.
E. Karakter yang
Dikembangkan
1. Disiplin
2. Kerjasama
3. Tanggung jawab
F. Materi Pelajaran
1. Bagian dari ciri-ciri dan kebutuhan makhluk
hidup.
2. Pengertian masing-masing dari ciri-ciri dan
kebutuhan makhluk hidup.
4. Gambar yang termasuk ke dalam ciri-ciri dan
kebutuhan makhluk hidup.
G. Metode Pembelajaran
1. Tanya jawab
2. Ceramah
3. Mengerjakan soal evaluasi
H. Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (10 menit)
a. Guru mengucapkan salam (Melatih
disiplin)
b. Guru mengajak siswa untuk berdoa
dan meminta salah seorang siswa memimpin doa (Melatih disiplin)
c. Guru mengecek kehadiran siswa (Melatih
disiplin)
d. Guru melakukan apersepsi sebagai awal
komunikasi sebelum melaksanakan pembelajaran inti dengan melakukan tanya jawab mengenai
jenis-jenis makhluk hidup. Contoh “Di dunia ini banyak sekali makhluk hidup. Coba kalian sebutkan! Ya, betul. Makhluk hidup meliputi
tumbuhan, hewan, dan manusia. Apakah kalian bernapas, makan, dan selalu
bergerak? Bagaimana kalau kalian sehari berhenti bernapas dan makan? Apa yang
terjadi? Selain bernapas dan makan, makhluk hidup juga tumbuh dan berkembang.
Apakah kalian punya adik? Bagaimana adik bayi kalian? Coba kalian perhatikan.
Apakah setiap hari adik kalian tumbuh besar?
e. Guru memotivasi belajar siswa dengan
menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
f. Melakukan penilaian atau evaluasi awal
belajar untuk mengetahui indikator yang telah dimiliki dengan mengerjakan soal.
2.
Kegiatan Inti (15 menit)
a.
Siswa membaca materi dengan cara online (internet)
b. Siswa
berkumpul dengan kelompoknya masing-masing.
c.
Guru menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan siswa dalam mengakses
internet
d. Siswa dibawah bimbingan guru menyebutkan
satu ciri dan kebutuhan makhluk hidup yang telah di baca setiap kelompok
(terdapat 6 ciri dan kebutuhan makhluk hidup)
e.
Siswa di bawah bimbingan guru menyebutkan ciri-ciri dan kebutuhan makluk hidup.
f.
Guru meluruskan kesalahpahaman yang terjadi dalam proses pembelajaran mengenai
ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
g. Siswa
dibawah bimbingan guru mulai mengerjakan soal online secara individu
3.
Kegiatan Akhir (5 menit)
1. Siswa
dibawah bimbingan guru menyimpulkan 6 ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
2. Siswa
dengan bimbingan guru melakukan kegiatan Tanya jawab mengenai hal-hal yang
belum diketahui oleh siswa tentang materi yang sudah dipelajari (Melatih
keberanian)
3. Memberikan tindak lanju dengan PR
menuliskan kebutuhan yang menjadi kebiasaan di rumahnya.
4. Siswa
diinstruksikan untuk mengkondisikan diri
merapikan tempat duduk.
5. Siswa
bersama guru berdo’a untuk menutup pembelajaran.
I. Alat,
Media, dan Sumber Pembelajaran
1. Alat dan Media :
computer/smartphone (Internet)
2. Sumber :
web (blog)
J. Penilaian
1. Penilaian Proses
Penilaian
proses belajar untuk melihat karakter siswa dengan melihat hasil skor yang
didapat.
2. Penilaian Hasil Belajar
Penilaian hasil
belajar dengan mengerjakan soal test online.
3. Instrumen Penilaian
a.
pengamatan proses siswa belajar
b.
skor soal test online.
4. Kunci Jawaban
a. Pengamatan
proses belajar dengan memperhatikan aspek: disiplin, kerja sama, tanggung
jawab, keberanian, jujur.
b.
Penilaian hasil mengerjakan soal test online.
5. Kriteria Penilaian
1.
Aspek Penilaian
a.
Penilaian setiap aspek menggunakan kriteria:
Nilai 100 (Baik
Sekali) jika maksimal
Nilai 80 (Baik)
jika hampi maksimal
Nilai 60
(Cukup) jika sebagian besar baik
Nilai 40
(Kurang) jika sebagian kecil baik
Nilai 20
(Sangat Kurang) jika tidak ada yang baik
b.
Penialain mengerjakan soal test online
Setiap soal jika benar diberi nilai 20
(terdapat 5 soal evaluasi)
Skor = Jawaban benar x 20
Contoh : Skor = 5 x 20 = 100
2.
Rata-rata nilai akhir desimal 0,5 atau lebih nilainya dibulatkan ke atas dan
kurang dari 0,5 nilainya dibulatkan ke bawah
3.
Nilai akhir penilaian menggunakan rumus:
N1 adalah rata-rata nilai proses belajar
N2 adalah rata-rata nilai hasil mengerjakan
test online
NA adalah nilai akhir
jogjakarta,…. Desember 2017
Mengetahui
KEPALA
SEKOLAH MI ALMA-ATA GURU
KELAS
JULIYANTO
NIP: NIM
: 151200148
Comments
Post a Comment