RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP) IPA Kelas III Smt 1 Tentang Ciri-ciri dan Kebutuhan Mahluk Hidup


                                  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN                                 
 (RPP)

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/Semester           : III (tiga) / 1 (satu)
Alokasi Waktu            : 1 X 30 menit

A.     Standar Kompetensi
1.      Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup.
B.     Kompetensi Dasar
1.      Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
C.    Indikator
      1.      Menyebutkan 6 ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
      2.      Menjelaskan 6 ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
      3.      Menunjukkan gambar yang termasuk ke dalam ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
C.     Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui Materi dari internet, siswa dapat menyebutkan 6 ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
2.      Melalui tanya jawab, siswa dapat menjelaskan 6 ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
3.      Melalui pengamatan gambar, siswa dapat menunjukkan ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
E.     Karakter yang Dikembangkan
      1.      Disiplin
      2.      Kerjasama
      3.      Tanggung jawab
F.     Materi Pelajaran
      1.      Bagian dari ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
      2.      Pengertian masing-masing dari ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
4.        Gambar yang termasuk ke dalam ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.


G.    Metode Pembelajaran
      1.      Tanya jawab
      2.      Ceramah
      3.      Mengerjakan soal evaluasi
H.    Kegiatan Pembelajaran
           1. Kegiatan Awal (10 menit)
            a. Guru mengucapkan salam (Melatih disiplin)
            b. Guru mengajak siswa untuk berdoa dan meminta salah seorang siswa memimpin doa (Melatih disiplin)
      c. Guru mengecek kehadiran siswa (Melatih disiplin)
      d. Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi sebelum melaksanakan pembelajaran inti dengan melakukan tanya jawab mengenai jenis-jenis makhluk hidup. Contoh “Di dunia ini banyak sekali makhluk hidup. Coba kalian sebutkan! Ya, betul. Makhluk hidup meliputi tumbuhan, hewan, dan manusia. Apakah kalian bernapas, makan, dan selalu bergerak? Bagaimana kalau kalian sehari berhenti bernapas dan makan? Apa yang terjadi? Selain bernapas dan makan, makhluk hidup juga tumbuh dan berkembang. Apakah kalian punya adik? Bagaimana adik bayi kalian? Coba kalian perhatikan. Apakah setiap hari adik kalian tumbuh besar?
     e. Guru memotivasi belajar siswa dengan menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
     f. Melakukan penilaian atau evaluasi awal belajar untuk mengetahui indikator yang telah dimiliki dengan mengerjakan soal.
2.    Kegiatan Inti (15 menit)
      a.       Siswa membaca materi dengan cara online (internet)
      b.      Siswa berkumpul dengan kelompoknya masing-masing.
      c.       Guru menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan siswa dalam mengakses internet
      d.      Siswa dibawah bimbingan guru menyebutkan satu ciri dan kebutuhan makhluk hidup yang telah di baca setiap kelompok (terdapat 6 ciri dan kebutuhan makhluk hidup)
      e.       Siswa di bawah bimbingan guru menyebutkan ciri-ciri dan kebutuhan makluk hidup.
      f.       Guru meluruskan kesalahpahaman yang terjadi dalam proses pembelajaran mengenai ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
      g.      Siswa dibawah bimbingan guru mulai mengerjakan soal online secara individu
3.    Kegiatan Akhir (5 menit)
      1.      Siswa dibawah bimbingan guru menyimpulkan 6 ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
      2.      Siswa dengan bimbingan guru melakukan kegiatan Tanya jawab mengenai hal-hal yang belum diketahui oleh siswa tentang materi yang sudah dipelajari (Melatih keberanian)
      3.  Memberikan tindak lanju dengan PR menuliskan kebutuhan yang menjadi kebiasaan di rumahnya.
      4.     Siswa diinstruksikan untuk  mengkondisikan diri merapikan tempat duduk.
      5.      Siswa bersama guru berdo’a untuk menutup pembelajaran.

I.       Alat, Media, dan Sumber Pembelajaran
      1.      Alat dan Media  : computer/smartphone (Internet)
      2.      Sumber               : web (blog)

J.      Penilaian
      1.      Penilaian Proses
Penilaian proses belajar untuk melihat karakter siswa dengan melihat hasil skor yang didapat.
      2.      Penilaian Hasil Belajar
Penilaian hasil belajar dengan mengerjakan soal test online.
      3.      Instrumen Penilaian
a.       pengamatan proses siswa belajar
b.      skor soal test online.
      4.      Kunci Jawaban
a.    Pengamatan proses belajar dengan memperhatikan aspek: disiplin, kerja sama, tanggung jawab, keberanian, jujur.
b.      Penilaian hasil mengerjakan soal test online.
      5.      Kriteria Penilaian
1.      Aspek Penilaian
a.       Penilaian setiap aspek menggunakan kriteria:
Nilai 100 (Baik Sekali) jika maksimal
Nilai 80 (Baik) jika hampi maksimal
Nilai 60 (Cukup) jika sebagian besar baik
Nilai 40 (Kurang) jika sebagian kecil baik
Nilai 20 (Sangat Kurang) jika tidak ada yang baik
b.      Penialain mengerjakan soal test online
Setiap soal jika benar diberi nilai 20 (terdapat 5 soal evaluasi)
Skor = Jawaban benar x 20
Contoh : Skor = 5 x 20 = 100
2.      Rata-rata nilai akhir desimal 0,5 atau lebih nilainya dibulatkan ke atas dan kurang dari 0,5 nilainya dibulatkan ke bawah
3.      Nilai akhir penilaian menggunakan rumus:

N1 adalah rata-rata nilai proses belajar
N2 adalah rata-rata nilai hasil mengerjakan test online
NA adalah nilai akhir

           
jogjakarta,…. Desember 2017
Mengetahui
KEPALA SEKOLAH MI ALMA-ATA                                                    GURU KELAS
                                                                                                           

                                                                                                            JULIYANTO
NIP:                                                                                                    NIM : 151200148

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH

MAKALAH TENTANG AKIDAH POKOK DAN CABANG DALAM ISLAM (ILMU KHALAM)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) IPA Kelas IV Smt Satu Tentang Memahami Hubungan Sesama Mahluk Hidup Dengan Lingkunganya