RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) IPA Kelas IV Smt Satu Tentang Memahami Hubungan Sesama Mahluk Hidup Dengan Lingkunganya


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah           : MIN Alma Ata
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas / Semester        : IV / I
Materi Pokok             : Memahami hubungan sesama makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan lingkungannya
Alokasi Waktu           : 1 x 30 menit
Hari, Tanggal : Kamis, 04 Januari 2018

I.                   Standar Kompetensi
1.      Memahami hubungan sesama makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan lingkungannya

II.                Kompetensi Dasar
1.2  Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas (simsiosis) dan hubungan “makan dan di makan” antar makluk hidup (rantai makanan)

III.             Indikator
1.2.1        Menjelaskan jenis-jenis simbiosis
1.2.2        Memberi contoh pasangan makhluk hidup berdasarkan jenis simbiosisnya

IV.             Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat
1.      Siswa mampu menjelaskan pengertian ke 3 simbiosis makhluk hidup
2.      Siswa mampu memberikan 1 contoh dari setiap jenis simbiosis




V.                Materi Ajar
Hubungan Antar makhluk Hidup
Ringkasan Materi
Simbiosis adalah hubungan yang sangat erat antara dua makhluk hidup yang berbeda jenisnya. Hubungan khas terdapat dalam tiga bentuk yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis parasitisme, dan simbiosis komensalisme.
1.      Simbiosis Mutualisme
Simbiosis mutualisme adalah hubungan yang saling menguntungkan antara dua makhluk hidup berbeda. Misalnya hubungan antara lebah dan bunga. Lebah mengisap madu yang terdapat pada bunga. Sementara itu, kehadiran lebah dapat membantu penyerbukan bunga. Setelah penyerbukan, bunga akan berkembang menjadi buah dan biji.
2.      Simbiosis Parasitisme
Simbiosis parasitisme adalah hubungan antara dua jenis makhluk hidup yang menguntungkan salah satu pihak, tetapi merugikan pihak lain. Misalnya, hubungan benalu dan pohon rambutan. Tumbuhan benalu hidup menumpang pohon rambutan. Pohon rambutan disebut sebagai tumbuhan inang. Benalu tidak dapat mengambil air dan zat hara dari tanah. Benalu mengambil kedua bahan makanan tersebut dari pohon rambutan. Dengan cara itu, benalu dapat melakukan proses fotosintesis. Namun, pohon rambutan menjadi kekurangan bahan makanan. Benalu diuntungkan karena mendapat air dan zat hara. Tetapi, pohon rambutan dirugikan karena bahan makanannya berkurang.
3.      Simbiosis Komensalisme
Simbiosis komensalisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup berbeda, dalam hubungan ini makhluk hidup yang satu diuntungkan, sedangkan yang lainnya tidak dirugikan maupun diuntungkan. Misalnya, tanaman anggrek yang hidup menempel di dahan pohon asam atau yang lainnya. Tanaman anggrek hidup menempel di dahan pohon hanya untuk memperoleh tempat hidup dan cahaya matahari yang cukup. Meskipun menempel, anggrek tidak mengambil zat-zat hara dari tumbuhan yang ditumpanginya. Jadi, anggrek tidak merugikan tanaman yang ditumpanginya. Sementara itu, anggrek beruntung bisa mendapat tempat untuk hidup.

VI.             Metode, Pendekatan dan Strategi Pembelajaran
-     Metode            : Ceramah, Penugasan, Tanya Jawab
-     Pendekatan     : Deduktif
-     Strategi            : Ekspositori

VII.          Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan awal
a.       Guru mengawali pelajaran dengan bersama-sama membaca basmallah
b.      Guru menanyakan kabar kepada peserta didik
c.       Guru mempresensi kehadiran siswa
d.      Guru melakukan apersepsi dengan menanyakan kepada siswa “pernahkah anak-anak merasa dirugikan maupun di untungkan”?
e.       Guru menyampaikan materi yang akan dibicarakan pada proses pembelajaran yaitu  ” Hubungan khas antar makhluk hidup”.
2.       Kegiatan inti
a.       Eksplorasi
1)      Guru menampilkan gambar di depan kelas, siswa diminta untuk mengamati gambar tersebut
2)      Guru menanyakan kepada peserta didik terdapat apa saja hubungan makhluk hidup yang terdapat pada gambar
3)      Guru mengonfirmasi apa yang telah peserta didik sebutkan.
b.      Elaborasi
1)      Guru menjelaskan macam-macam simbiosis
2)      Guru memberikan contoh simbiosis pada gambar yang ada di depan kelas
3)      Guru membagikan kartu yang terdapat contoh gambar dari bermacam-macam simbiosis yang telah dijelaskan.
4)      Siswa diminta mengidentifikasi kartu yang didapat termasuk dalam contoh simbiosis mutualisme, parasitisme atau komunsalisme.
5)      Satu persatu siswa diminta maju kedepan menjelaskan hubungan makhluk hidup yang terdapat pada gambar yang mereka peroleh kemudian diminta untuk menempelkan dipapan tulis.
c.       Konfirmasi
1)      Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2)      Guru memberikan penguatan materi yang telah diberikan
3.      Kegiatan Penutup
a.       Guru memberikan evaluasi kepada siswa
b.      Guru  melakukan tanya jawab atas materi yang telah diberikan
c.       Guru bersama siswa mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdallah

VIII.       Media dan Sumber Belajar
1.      Media Belajar
a.       Gambar
b.      Kartu bergambar
c.       Papan tulis
2.      Sumber Belajar
Choiril Azmiyawati, Wigati Hadi Omegawati dan Rohana Kusumawati. 2009. IPA Salingtemas 4 untuk SD/MI Kelas IV SD. Jakarta: Pusat Perbukuan

IX.             Penilaian
1.      Jenis penilaian       :  Tes Tertulis
2.      Bentuk Penilaian   :  Jawaban objektif
3.      Alat penilaian        :  Soal
No
Indikator
Uraian Soal
Kunci Jawaban
Skor
1.
Menjelaskan jenis-jenis simbiosis
1.      Apa yang pengertian dari simbiosis ?
2.      Di sebut simbiosis apakah hubungan antara dua makhluk hidup, yang 1 di untungkan dan yang 1 lagi di rugikan?
3.      Di sebut simbiosis apakah hubungan antara dua makhluk hidup, yang ke dua-duanya di untungkan?
4.      Di sebut simbiosis apakah hubungan antara dua makhluk hidup, yang 1 di untungkan dan yang 1 lagi tidak  untung dan tidak rugi?
1.      Hubungan yang sangat erat antara dua makhluk hidup yang berbeda jenisnya
2.      Simbiosis parasitisme
3.      Simbiosis mutualisme
4.      Simbiosis komensalisme
2






1

1

1




2.
Memberi contoh pasangan makhluk hidup berdasarkan jenis simbiosisnya
1.      Berikan 1 contoh hubungan simsiosis mutualisme!
2.      Berikan 1 contoh simbiosis komensalisme!
3.      Berikan 1 contoh simbiosis Parasitisme!
4.      Bunga dan lebah merupakan contoh dari simbiosis ?
5.      Tikus dengan padi termasuk contoh dari simbiosis ?
1.      burung dan kerbau
2.      ikan teri dan ikan paus
3.      kutu dan manusia
4.      simbiosis mutualisme
5.      simbiosis parasitisme
1

1

1

1

1
Nilai Maksimal      :  10


                                                                                                Yogyakarta ,  25 Desember  2017
                           Mengetahui,                                                                                
                       Kepala Madrasah                                                               Guru Kelas



An-Nisa Apriliani S.Pd.I, M.Pd                                                
                                                                                                               NIM.

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH

MAKALAH TENTANG AKIDAH POKOK DAN CABANG DALAM ISLAM (ILMU KHALAM)